7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Perbedaan Aplikasi Berbasis Web dan Aplikasi Berbasis Mobile

Perbedaan Aplikasi Berbasis Web dan Aplikasi Berbasis Mobile

Tentunya saat mengakses informasi melalui perangkat seluler, biasanya Anda menggunakan aplikasi berbasis web atau aplikasi mobile dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Secara tidak langsung, Anda telah menggunakan aplikasi web atau aplikasi mobile di perangkat Anda.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa keduanya adalah hal yang berbeda, atau terkadang Anda tidak memahami arti keduanya. Untuk inilah mari kita bahas pemahaman yang lebih komprehensif tentang apa itu aplikasi berbasis web dan aplikasi mobile.

Pengertian Aplikasi Web

Aplikasi berbasis web adalah halaman HTML berbasis browser yang diakses melalui jaringan seluler (seperti 3G, 4G atau Wifi) dengan menggunakan perangkat portabel (smartphone atau tablet). Aplikasi web dirancang untuk menampilkan data seperti teks, gambar, dan video dari situs web ke tampilan yang lebih kecil (misalnya perangkat seluler).

Pengertian Aplikasi Mobile

Pada saat yang sama, aplikasi mobile adalah aplikasi yang dibuat untuk perangkat mobile, dan pengguna harus mengunduh atau menginstal dari toko aplikasi seperti Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple App Store untuk perangkat iOS serta ada berbagai toko aplikasi lainnya yang disesuaikan dengan platform smartphone. 

Perbandingan Mobile Web dan Mobile Apps

Secara garis besar perbedaan keduanya terletak pada cara informasi atau data diakses. Aplikasi web memerlukan aplikasi browser untuk mengakses informasi dari domain yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi web juga sangat bergantung pada saluran internet atau jaringan seluler Anda. Tentunya, jika tidak ada koneksi internet, aplikasi web tidak akan berfungsi.

Sedangkan aplikasi mobile dapat memiliki keduanya. Konten yang tersedia di aplikasi mobile dapat diakses tanpa internet atau offline. Namun, beberapa aplikasi seluler juga membutuhkan koneksi Internet atau online agar bisa diakses tergantung kebijakan aplikasi tersebut. 

Untuk penggunaan keduanya dapat disesuaikan dengan tujuan pembuatan. Beberapa perusahaan hanya mengandalkan mobile web namun ada juga yang mengandalkan keduanya termasuk mobile apps untuk memasarkan produk mereka. Beberapa pemilik bisnis perlu menarik target pasar sehingga membutuhkan keduanya.

Proses Pembuatan Mobile Web dan Mobile Apps

Sekarang beralih ke proses pembuatan aplikasi web dan aplikasi mobile. Tidak sulit untuk membuat keduanya. Saat ini, ada banyak alat yang memungkinkan Anda membuat kedua aplikasi tersebut secara bersamaan. Tantangannya adalah terkadang kita tidak tahu bagaimana mengembangkan aplikasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar yang dituju.

Ada beberapa bisnis yang seluruhnya berbasis aplikasi, seperti e-commerce yang jika bisa diakses secara online bisa mendatangkan keuntungan lebih besar. Ada juga penyedia jasa desain grafis yang hanya membutuhkan website dan aplikasi web untuk menjual jasanya. Jadi ini bergantung pada jenis perusahaan itu. 

Secara garis besar seringkali membuat mobile web lebih mudah karena hampir sama dengan membangun website. Hanya membutuhkan fitur responsif tambahan agar bisa diakses melalui browser di perangkat seluler.

Sedangkan untuk aplikasi mobile, Anda perlu melibatkan developer atau pengembang aplikasi mobile untuk mengembangkan Aplikasi Android dan iOS.

Dari segi waktu dan biaya, membuat aplikasi mobile tentunya akan membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya. Pada saat yang sama, aplikasi seluler lebih cepat dalam proses produksi. Jika Anda tertarik mengembangkan aplikasi berbasis web ataupun mobile, anda dapat mengunjungi Logique Digital Indonesia di https://www.logique.co.id/. Logique memiliki profesionalitas tinggi dalam meningkatkan dan memaksimalkan keuntungan bisnis.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar