7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Keunggulan Payment Gateway untuk Pembayaran yang Lebih Mudah

Keunggulan Payment Gateway

Kehadiran payment gateway mampu meringankan beban kerja pemilik bisnis, khususnya dalam sistem pembayaran. Sebab, jika sebelumnya pemilik bisnis harus melakukan transaksi pembayaran dalam bentuk door to door, saat ini payment gateway-lah atau gerbang pembayaran yang mampu menyelesaikan semuanya.

Sebagai pemilik bisnis, kemudian Anda bisa fokus terhadap pengembangan bisnis. Menerima dan mengirim tagihan pun bisa diserahkan kepada payment gateway. Tidak hanya itu, melainkan juga memberikan invoice hingga mengembalikan dana (refund) semudah seperti membalikan telapak tangan.

Namun demikian, ternyata masih ada pebisnis yang belum tertarik menggunakan gerbang pembayaran. Alasannya berbagai macam. Akan tetapi, yang paling kentara adalah tidak memahami apa itu payment gateway, keuntungannya, serta cara kerjanya.

Payment Gateway: Sebuah Definisi

Untuk mengetahui penjelasan lebih detail dan mendalam, Anda perlu mengetahui apa itu payment gateway. Jadi, payment gateway adalah sebuah sistem pembayaran secara online yang berfungsi sebagai otorisasi pembayaran. Anda bisa melakukannya dengan berbagai metode pembayaran. Mulai dari kartu kredit, kartu debit, virtual account, QR Codes, atau e-wallet macam OVO atau ShopeePay.

Ini menjadi keuntungan karena Anda tidak perlu repot untuk pergi ke bank, antri di sana. Semuanya akan lebih mudah dengan hadirnya gerbang pembayaran.

Keuntungan Payment Gateway

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan Anda jika menggunakan payment gateway. Pertama, Anda dengan mudah melakukan verifikasi pembayaran dari konsumen. Kedua, efisiensi waktu Anda dapatkan karena proses transaksi yang berlangsung sangat cepat. Ketiga, sistem pendeteksi fraud yang baik sehingga keamanan transaksi, seperti informasi konsumen, sangat terjaga.

Jika sebelumnya adalah keuntungan bagi penjual, ada pula keuntungan bagi konsumen. Pertama, kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran. Konsumen tinggal memilih metode pembayaran mana yang nyaman baginya. Kedua, keamanan terjamin. Era digital seperti meretas batas. Maka, jaminan keamanan perlu diberlakukan. Oleh karena itu, segala bentuk informasi pribadi milik konsumen terjaga dengan rapi.

Cara Kerja Payment Gateway

Sebagai situs perantara yang membantu baik pemilik bisnis maupun konsumen, tentu saja tahap-tahap ketika menggunakan gerbang pembayaran. Di bawah ini adalah penjelasan tentang cara kerja payment gateway yang perlu Anda ketahui.

1. Konsumen akan memilih produk yang diinginkan. Ketika telah yakin maka konsumen akan memilih mana metode pembayaran yang digunakan. Dari metode pembayaran itulah kemudian terjadi proses transaksi pembayaran.

2. Informasi yang telah diisi kemudian diteruskan kepada payment processor.

3. Dari payment processor, informasi tersebut diterima oleh pihak penyedia kartu. Kemudian, pihak penyedia kartu yang juga bank akan mengecek kartu yang digunakan konsumen, Visa atau Mastercard.  

4. Pihak bank yang menerima informasi akan memberikan kode khusus ke payment processor. Kode tersebut menjadi bukti apakah transaksi pembayaran berhasil atau tidak.

5. Lalu, payment processor akan meneruskannya ke payment gateway. Proses pembayaran kemudian diteruskan kepada toko online. Jika sudah diterima, transaksi Anda bisa dikatakan berhasil.

Sistem Keamanan Payment Gateway

Ini yang membedakan dan menjadi unsur cukup penting. Era digital, keamanan transaksi sangat dibutuhkan. Penipuan atau fraud bisa saja terjadi kapan saja. Akan tetapi, payment gateway menerapkan sistem keamanan yang begitu ketat. 3 sistem tersebut antara lain:

1. Address Verification System: sistem ini untuk mencocokkan alamat dari pemegang kartu yang telah terdaftar. Selain itu digunakan untuk mengecek rincian tagihan konsumen.

2. Card Security Code: verifikasi dengan mencocokkan tiga digit terakhir pada bagian belakang baik kartu kredit maupun debit yang telah dimasukkan konsumen.

3. 3D Secure Password: sistem yang digunakan untuk otorisasi pembayaran.

Tiga sistem itulah yang membantu memudahkan Anda di dalam bertransaksi. Maka, agar bisnis berkembang, gunakanlah gerbang pembayaran terbaik di Indonesia. Xendit, sebagai payment gateway Indonesia menyediakan segala metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi konsumen.

Menerima pembayaran sesuai dengan preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail dan cicilan tanpa kartu kredit.

Selain itu, Anda dapat membuat dan mengelola tagihan dengan mudah dan bagikan payment link kepada pelanggan dengan xeninvoice. Dapatkan notifikasi real-time ketika Anda menerima pembayaran.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar