7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Tips Simple Memilih Layanan Hosting Terbaik

Tips Simple Memilih Layanan Hosting Terbaik

Mengelola sebuah situs atau web saat ini menjadi salah satu pilihan masyarakat karena dinilai cukup menghasilkan. Bukan hanya karena keuntungan yang menggiurkan, tidak sedikit orang yang mengelola web sebagai kanal aktualisasi diri. Tentu saja dalam pengelolaan ini diperlukan pemilih layanan hosting terbaik, agar web yang dikelola benar-benar optimal dan tidak memiliki kendala teknis.

Mengapa hal ini penting? Karena ketika web yang kamu miliki atau kelola tidak menunjukkan performa maksimal, maka orang juga akan cenderung malas mengakses web tersebut. Karena itu, sejak awal pembangunan web kamu harus sudah bisa menentukan mana layanan hosting yang memberikan kualitas terbaik pada range harga yang kamu tentukan.

Tapi adakah kriteria tertentu untuk membantu menentukan layanan hosting seperti ini? 

Pertama dan Utama, Pahami Apa yang Kamu Perlukan

Tips Simple Memilih Layanan Hosting Terbaik

Mengerti dengan baik hosting seperti apa yang kamu butuhkan bisa jadi langkah awal yang tepat dalam menentukan pemilihan layanan hosting terbaik. Seperti kamu tahu, ada beberapa jenis hosting yang digunakan secara luas, dan sesuai dengan keperluannya.

Shared hosting, merupakan layanan hosting paling dasar, yang bisa kamu gunakan untuk media belajar. Shared hosting menggunakan satu server dengan beberapa pengguna secara bersama, dan berbagi sumber daya yang ada pada server.

Cloud hosting, ada bentuk hosting yang lebih modern dimana hosting yang kamu gunakan terhubung pada server di sistem cloud. Kelebihannya adalah lebih dapat diandalkan, karena ketika satu server mengalami masalah, data yang kamu miliki akan dipindahkan ke cloud server lain.

Virtual private server, juga disebut dengan VPS, adalah satu layanan hosting yang membagi sumber daya server dalam bentuk virtual sehingga bisa digunakan oleh banyak user sekaligus namun memberikan performa yang tinggi. Syarat utama menggunakan hosting ini adalah kemampuan mengelola dan merawat server dengan baik.

Dedicated hosting, adalah jenis hosting yang memungkinkan kamu sebagai user memiliki kontrol penuh atas hosting yang kamu gunakan. Untuk user yang sudah cukup mahir, layanan seperti ini lebih direkomendasikan.

Colocation hosting, mirip dengan dedicated server, hanya saja kontrol yang diberikan tidak hanya secara virtual, namun juga secara fisik. Jadi user bisa mengakses lokasi server, mengelola dan melakukan maintenance secara langsung.

Jadi setelah membaca beberapa jenis hosting tersebut, kira-kira mana yang kamu perlukan?

Layanan Konsumen 24/7

Layanan Konsumen 24 Jam

Mengingat kamu menggunakan layanan yang disediakan oleh orang lain, maka penting untuk memastikan keberadaan layanan konsumen yang selalu standby 24 jam penuh selama 7 hari. Mengapa? Agar setiap masalah teknis yang muncul bisa segera diselesaikan dengan bantuan tim ahli, sehingga web yang kamu miliki tidak akan mengalami down terlalu lama. 

Kecepatan recovery dan tanggapnya layanan konsumen harus jadi perhatian dan pertimbangan besar. Semakin profesional layanan hosting yang ada, maka semakin cepat pula penyelesaian masalah yang muncul. Layanan konsumen juga akan semakin responsif dalam memfasilitasi setiap keluhan dari user. Nah, pastikan poin kedua ini mendapat perhatian besar ya, karena menyangkut pengelolaan langsung web yang kamu punya.

Pastikan Uptime 99,9%

Uptime dan Downtime

Apa itu uptime? Uptime adalah waktu dimana web pada status online dan mampu melayani user yang berkunjung dengan baik. Sebaliknya downtime merupakan waktu dimana web mengalami status offline dan tidak dapat diakses oleh pengguna. Semakin tinggi nilai uptime maka semakin baik.

Pada porsi ideal, hosting terbaik akan menawarkan uptime di atas angka 99%. Memang mungkin akan sangat baik jika kamu bisa memperoleh layanan hosting dengan uptime 100%, namun harganya akan cukup mahal dan memerlukan sumber daya yang besar. Jadi sekitar 99% ke atas sudah bisa dikatakan optimal.

Layanan Hosting Terbaik Harus Legal

Layanan Hosting Terbaik Harus Legal

Satu hal yang harus selalu kamu pastikan ketika akan memilih hosting terbaik adalah legalitas layanan yang diberikan oleh penyedia. Pastikan penyedia layanan tidak pernah terlibat kasus hukum yang serius yang bisa mempengaruhi kredibilitasnya. Legalitas dari penyedia layanan juga wajib dipastikan, sehingga web yang kamu miliki dan kelola benar-benar berdiri pada pondasi yang kuat.

Untuk memastikan poin ini, kamu bisa meminta rekomendasi dari pengelola web yang lebih senior agar mendapatkan rekomendasi yang benar-benar valid. Jangan sampai kamu salah menginvestasikan sumber daya yang kamu miliki di provider yang tidak legal. Bisa saja karena permasalahan hukum, penyedia layanan tersebut diharuskan menutup layanannya, dan berdampak langsung pada situs yang kamu kelola.

Memilih penyedia layanan hosting terbaik memang harus cermat dan benar-benar teliti, karena akan jadi fondasi utama dari web yang kamu miliki. Dengan pemilihan yang cermat dan terukur, kamu bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan. Kamu juga tidak akan merasa tertipu karena ada syarat dan ketentuan yang tidak kamu pahami masuk dalam kesepakatan kerjasama.

Dalam pengelolaan web memang diperlukan layanan hosting terbaik dari provider yang benar-benar kapabel. Pada waktu yang sama, kamu juga perlu layanan Internet berkualitas, cepat, dan stabil. Tentu untuk yang satu ini jawabannya adalah Biznet Home, provider Internet dengan harga terjangkau. Dengan kecepatan upload dan download yang tinggi, kamu bisa mengelola web dengan optimal dan mendapatkan hasil terbaik. Segera kunjungi situsnya, dan #PakeBiznet yang lebih cepat!

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar